Kamis, 18 Oktober 2012

Bahan Ujian dan Jawabannya


  1. Sebutkan dasar – dasar ketahanan nasional (modul wawasan kebangsaan hal 56)
  • Ketahanan nasional bangsa indonesia didasarkan pada asas berikut:
  • Kesejahteraan dan keamanan
  • Utuh, menyeluruh, dan terpadu
  • Kekeluargaan
  • Mawas diri
  1. Ciri – ciri komunikasi yang efektif (modul komunikasi efektif hal. 14)
  • Langsung ke inti persoalan
  • Tegas tapi jauh dari kesan keras
  • Bersahabat
  • Isi pesan jelas dan mudah dipahami
  • Terbuka
  • Dapat berlangsung secara lisan atau tulisan
  • Dua arah
  • Responsif
  • Nyambung
  • Jujur dalam pengungkapan gagasan


  1. Unsur – unsur untuk mengubah budaya aparatur negara (modul budaya kerja hal 22)
  • Nilai – nilai
  • Institusi / sistem kerja
  • SDM aparatur negara


  1. Konsep pelayanan prima (modul pelayanan prima hal 6-7)
    Konsep Pelayanan prima dapat diartikan sebagai upaya seseorang untuk memenuhi kebutuhan/permintaan orang lain dengan cara yang memuaskan. Dalam konteks pemerintahan, pelayanan prima adalah upaya aparatur negara untuk memulihkan kepercayaan masyarakat dengan cara mewujudkam kepemerintahan yang baik
  2. Faktor – faktor pendorong korupsi (modul percepatan korupsi hal 42 – 44)
  • Aspek individu pelaku
  • Sifat tamak manusia
  • Moral kurang kuat
  • Penghasilan yang kurang mencukupi
  • Kebutuhan hidup yang mendesak
  • Gaya hidup yang konsumtif
  • Rendahnya kompetensi, yaitu unsur pengetahuan, ketrampilan dan unsur sikap
  • Ajaran agama yang kurang diterapkan
  • Aspek organisasi
  • Kurangnya keteladanan pimpinan
  • Tidak adanya kultur organisasi yang benar
  • Kelemahan sistem pengendalian manajemen
  • Organisasi budaya kerja, kerjasama kelompok, dan perubahan organisasi
  • Aspek tempat individu dan organisasi berada
  • Nilai – nilai di masyarakat kondusif untuk terjadinya korupsi
  • Masyarakat kurang menyadari sebagai korban utama korupsi
  • Masyarakat kurang menyadari bila dirinya terlibat korupsi
  • Aspek peraturan perundang - undangan
  1. Syarat – syarat kepemerintahan yang baik (cari sendiri yeee)


  1. Cara memberi kepuasan pelanggan (modul pelayanan prima hal 23)
agar dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan/pengguna dan konsumer lainnya, maka aspek mutu bagi pengguna jasa pelayanan/konsumer harus menjadi titik tolak pengembangan sistem manajemen pelayanan/institusi pelayanan. Caranya adalah:
  • Mendahulukan kepentingan pelanggan
  • Menerapkan budaya pelayanan prima
  • Memiliki sikap pelayanan prima
  • Memastikan sentuhan pribadi pelayanan prima
  • Memiliki pribadi prima
  1. Syarat kenaikan pangkat (modul manajemen kepegawaian negara hal 47 – 48 dan hal 55 - 56)
  • Syarat kenaikan pangkat reguler:
  • Sekurang – kurangnya telah 4 tahun dalam pangkat terakhir
  • Setiap unsur penilaian prestasi kerja sekurang – kurangnya bernilai baik dalam 2 tahun terakhir
  1. Wawasan kebangsaan sebagai abdi negara(cari sendiri yeee)
  2. Penyebab konflik antar daerah (modul wawasan kebangsaan hal. 96)
  • Nilai – nilai waasan kebangsaan cenderung semakin luntur dalam kehidupan berbangsa
  • Para pemimpin seringkali kurang bersungguh – sungguh berusaha dalam mewujudkan cita – cita bangsa dan negara
  • Kebijakan otonomi daerah memungkinkan tumbuhnya keangkuhan etnis dan fanatisme
  • Faktor sosial – ekonomi (pembangunan pusat dan daerah tidak merata)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar