- Sebutkan dasar – dasar ketahanan nasional (modul wawasan kebangsaan hal 56)
- Ketahanan nasional bangsa indonesia didasarkan pada asas berikut:
- Kesejahteraan dan keamanan
- Utuh, menyeluruh, dan terpadu
- Kekeluargaan
- Mawas diri
- Ciri – ciri komunikasi yang efektif (modul komunikasi efektif hal. 14)
- Langsung ke inti persoalan
- Tegas tapi jauh dari kesan keras
- Bersahabat
- Isi pesan jelas dan mudah dipahami
- Terbuka
- Dapat berlangsung secara lisan atau tulisan
- Dua arah
- Responsif
- Nyambung
- Jujur dalam pengungkapan gagasan
- Unsur – unsur untuk mengubah budaya aparatur negara (modul budaya kerja hal 22)
- Nilai – nilai
- Institusi / sistem kerja
- SDM aparatur negara
- Konsep pelayanan prima (modul pelayanan prima hal 6-7)
Konsep Pelayanan prima dapat diartikan sebagai upaya seseorang untuk memenuhi kebutuhan/permintaan orang lain dengan cara yang memuaskan. Dalam konteks pemerintahan, pelayanan prima adalah upaya aparatur negara untuk memulihkan kepercayaan masyarakat dengan cara mewujudkam kepemerintahan yang baik - Faktor – faktor pendorong korupsi (modul percepatan korupsi hal 42 – 44)
- Aspek individu pelaku
- Sifat tamak manusia
- Moral kurang kuat
- Penghasilan yang kurang mencukupi
- Kebutuhan hidup yang mendesak
- Gaya hidup yang konsumtif
- Rendahnya kompetensi, yaitu unsur pengetahuan, ketrampilan dan unsur sikap
- Ajaran agama yang kurang diterapkan
- Aspek organisasi
- Kurangnya keteladanan pimpinan
- Tidak adanya kultur organisasi yang benar
- Kelemahan sistem pengendalian manajemen
- Organisasi budaya kerja, kerjasama kelompok, dan perubahan organisasi
- Aspek tempat individu dan organisasi berada
- Nilai – nilai di masyarakat kondusif untuk terjadinya korupsi
- Masyarakat kurang menyadari sebagai korban utama korupsi
- Masyarakat kurang menyadari bila dirinya terlibat korupsi
- Aspek peraturan perundang - undangan
- Syarat – syarat kepemerintahan yang baik (cari sendiri yeee)
- Cara memberi kepuasan pelanggan (modul pelayanan prima hal 23)
agar
dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan/pengguna dan konsumer
lainnya, maka aspek mutu bagi pengguna jasa pelayanan/konsumer harus
menjadi titik tolak pengembangan sistem manajemen pelayanan/institusi
pelayanan. Caranya adalah:
- Mendahulukan kepentingan pelanggan
- Menerapkan budaya pelayanan prima
- Memiliki sikap pelayanan prima
- Memastikan sentuhan pribadi pelayanan prima
- Memiliki pribadi prima
- Syarat kenaikan pangkat (modul manajemen kepegawaian negara hal 47 – 48 dan hal 55 - 56)
- Syarat kenaikan pangkat reguler:
- Sekurang – kurangnya telah 4 tahun dalam pangkat terakhir
- Setiap unsur penilaian prestasi kerja sekurang – kurangnya bernilai baik dalam 2 tahun terakhir
- Wawasan kebangsaan sebagai abdi negara(cari sendiri yeee)
- Penyebab konflik antar daerah (modul wawasan kebangsaan hal. 96)
- Nilai – nilai waasan kebangsaan cenderung semakin luntur dalam kehidupan berbangsa
- Para pemimpin seringkali kurang bersungguh – sungguh berusaha dalam mewujudkan cita – cita bangsa dan negara
- Kebijakan otonomi daerah memungkinkan tumbuhnya keangkuhan etnis dan fanatisme
- Faktor sosial – ekonomi (pembangunan pusat dan daerah tidak merata)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar